Mengapa Pelatihan Team Building Penting?

Dalam sebuah perusahaan, biasanya terdiri dari berbagai individu dengan berbagai karakter. Karakter yang dimiliki masing-masing individu berbeda, sehingga membutuhkan usaha untuk memadukannya agar dapat menjadi tim yang solid. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah melalui pelatihan team building.

Apa itu Pelatihan Team Building?

Pelatihan team building merupakan aktivitas yang dirancang untuk mendorong interaksi dan kolaborasi sekelompok individu agar dapat mencapai tujuan bersama. Pada umumnya pelatihan team building dilakukan saat kondisi tim sedang memerlukan peningkatan motivasi dan moral; pimpinan tidak bersikap sebagai bagian dari kelompok; dan kurangnya kepercayaan antar anggota.

Kondisi ini merupakan kondisi yang serius. Sekitar 85% kegagalan di lingkungan kerja diakibatkan oleh kurangnya kerjasama atau interaksi yang efektif antar individu. Jarang sekali karyawan yang terbuka mendiskusikan masalah pekerjaan dengan rekannya. Untuk mengatasi persoalan ini diperlukan solusi konkrit yang bisa mendongkrak produktivitas perusahaan.

Melalui metode pelatihan team building, diharapkan dapat memperkuat ikatan antara anggota kelompok. Pada akhirnya anggota tim semakin menghormati satu sama lain, menghargai perbedaan, berkomunikasi dengan efektif dan bersedia berbagi tujuan yang sama.

Pelatihan Team Building

Membangun tim yang solid merupakan sebuah keharusan agar perusahaan dapat bertahan dan berkembang. Menurut berbagai penelitian, perusahaan yang memiliki interaksi bagus antar karyawan dapat 2,5 kali lebih produktif dibandingkan perusahaan yang memiliki interaksi buruk. Selain itu, karyawan yang aktif berinteraksi juga memiliki kemungkinan rendah untuk meninggalkan perusahaan dibanding karyawan yang jarang berinteraksi.

Untuk membangun tim yang kuat diperlukan proses berkelanjutan yang secara konsisten difasilitasi dan dibimbing oleh leader. Pelatihan team building memiliki berbagai variasi teknik dan metode. Namun, metode yang paling umum digunakan dalam pelatihan team building adalah melalui permainan outdoor atau acara bakti sosial. Melalui kegiatan tersebut banyak manfaat yang diperoleh. Berikut ini beberapa manfaat dari pelatihan team building:

Manfaat Pelatihan Team Building

.1. Mengenal Lebih Dalam Tim Anda

Di dalam sebuah tim, biasanya terdiri dari orang-orang dengan kebutuhan, ambisi, dan kepribadian yang berbeda. Mengenal mereka dan membantu mereka untuk mengenal satu sama lain dapat membentuk lingkungan yang nyaman dan penuh kepercayaan.

Mengadakan acara makan bersama merupakan cara mudah untuk mulai membuat anggota tim Anda berbaur dan bergaul. Selain itu, menghadiri acara bakti sosial juga menjadi cara yang bagus untuk membangun hubungan antar anggota. Di acara-acara seperti itu, biasanya para anggota dapat lebih terbuka mengungkapkan gagasan dan masalah yang tengah mereka hadapi.

.2. Mengetahui Tujuan Bersama

Tanpa adanya tujuan yang bersama maka mustahil sebuah perusahaan dapat mencapai kesuksesan. Memiliki tujuan yang teridentifikasi dengan jelas sangatlah krusial, karena tanpa adanya hal itu tiap individu hanya akan mengejar tujuan yang berbeda-beda.

Seringkali di dalam perusahaan yang baru berkembang memiliki konflik yang muncul karena masih abstraknya tujuan yang ingin dicapai. Apabila tidak segera diatasi maka akan mempengaruhi performa perusahaan. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu langkah yang umum digunakan adalah dengan membuat sebuah anggaran dasar. Sayangnya, langkah ini terkadang tidak efektif, oleh sebab itu pelatihan team building dibutuhkan untuk dapat menanamkan tujuan bersama antar individu.

Anda ingin mengadakan pelatihan team building dengan  yang berpengalaman? Silahkan hubungi kami di nomor

Phone/WA/SMS : 0857 2107 0453 - Yosep

.3. Membangun Komunikasi Verbal yang Baik

Dengan semakin berkembangnya teknologi, interaksi langsung antara manusia pun semakin berkurang. Dalam kehidupan sehari-hari pun para pekerja tidak banyak berkomunikasi secara langsung dengan rekan satu kantornya. Oleh karena itu, pelatihan team building sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan ini.

.4. Mempererat Hubungan Antar Individu

Pada abad ke-21, teknologi memainkan peran penting di dalam perusahaan. Namun kehadiran teknologi seolah menjadi pisau bermata dua. Teknologi memang meningkatkan efektivitas pekerjaan, tetapi di sisi lain menjadika interaksi langsung menjadi semakin minim .

Para pekerja biasanya sibuk duduk di depan laptop/komputer mereka mengerjakan tugas masing-masing. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila banyak pekerja tidak kenal satu sama lain meski berada di dalam satu kantor. Belum lagi ditambah pekerjaan yang bisa dikerjakan secara jarak jauh (remote), kemungkinan untuk saling berinteraksi semakin menipis.

Pada titik inilah, pelatihan team building memiliki peran penting untuk mendekatkan hubungan karyawan yang sebelumnya tidak pernah terjalin. Di dalam berbagai aktivitas pelatihan team building, para karyawan biasanya diminta menyuarakan pendapatnya, sehingga mereka yang tadinya jarang bersuara dapat berkomunikasi dengan anggota lain. Akhirnya, hubungan erat antar individu pun dapat terjalin.

.5. Meningkatkan Kerjasama dan Membangun Iklim Kompetisi Sehat

Seringkali orang-orang meremehkan kegiatan games outdoor bersama yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Mereka hanya menganggapnya sebagai kegiatan untuk bersenang-senang. Namun tunggu dulu, ternyata di dalam kegiatan itu menyimpan manfaat untuk melatih kerjasama antar individu.

Di permainan-permainan outbond yang membutuhkan kerjasama tim, individu dituntut untuk bekerjasama dengan individu lain yang mungkin selama ini tidak pernah berinteraksi dengannya. Hingga pada akhirnya kerjasama pun dianggap sebagai kebutuhan tiap individu. Nantinya kebiasaan untuk bekerjasama ini diharapkan dapat dipraktekkan pula di tempat kerja, sehingga efisiensi dalam bekerja pun dapat tercapai.

Tips Pelatihan Team Building yang Efektif

Efektif atau tidaknya pelatihan team building akan terlihat dari nilai kohesivitas tim kerja pascapelatihan. Kohesivitas tim kerja merupakan proses kedekatan emosional individu dengan anggota tim lainnya guna mencapai tujuan bersama organisasi. Semakin tinggi nilainya maka pengaruh pelatihan team building akan semakin terlihat. Untuk mencapai nilai kohesivitas yang tinggi para leader perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Menganggap pendapat yang diucapkan oleh anggota tim Anda sebagai sebuah masukan yang membangun. Dengan menganggap pendapat anggota tim sebagai masukan maka individu tersebut akan merasa lebih dihargai dan merasa nyaman untuk menyampaikan lebih banyak gagasannya ke leader.
  2. Terbuka untuk mengenal karakter dan kepribadian anggota tim. Apabila cara ini sukses diterapkan maka Anda dapat lebih mudah memahami mood dan karakter karyawan Anda. Selain itu, Anda dapat lebih berhati-hati dalam bertutur kata dan menjaga perasaan mereka. Mungkin terdengar rumit, tetapi jika ini dilakukan anggota tim Anda akan semakin menaruh respect terhadap kepemimpinan Anda.
  3. Menjadi penengah saat konflik terjadi. Semakin Anda bisa menempatkan posisi saat konflik terjadi maka kemungkinan kesuksesan pelatihan team building akan semakin tinggi.
  4. Membangun iklim komunikasi yang nyaman antara leader dan anggota. Melalui komunikasi yang baik, anggota pun menjadi semakin nyaman dalam mennyampaikan ide-idenya untuk kemajuan perusahaan/organisasi. Masukan dari anggota sangat penting untuk perkembangan perusahaan.

Sebenarnya masih banyak cara untuk menyukseskan pelatihan team building dan dapat disesuaikan pula dengan kondisi perusahaan. Sebagai seorang leader, pastikan Anda dapat membangun hubungan yang harmonis dengan anggota tim Anda. Jangan sampai komunikasi dan hubungan yang buruk justru menjadi bumerang bagi perusahaan.

Team building sangat dibutuhkan ketika perusahaan Anda tengah mengalami masalah sumber daya manusia. Kurangnya motivasi karyawan, interaksi rendah dan munculnya konflik merupakan permasalahan umum yang pasti terjadi di dalam sebuah perusahaan. Namun bukan berarti bisa didiamkan, karena itu salah satu solusi terbaik yang bisa diterapkan adalah melalui pelatihan team building.