Rahasia Mengatasi Ketakutan Presentasi dan Membangun Motivasi Team

david-setiadi-fb-coverMerasa Gugup sebelum memberikan presentasi atau pidato, adalah hal yang sangat wajar bahkan menguntungkan, namun  jika terlalu gugup dan takut secara berlebihan justru akan dapat merugikan..!

Berikut adalah 10 tips yang sudah terbukti ampuh dari Public Speaking Academy tentang bagaimana mengontrol ketakutan anda dan memberikan presentasi yang lebih baik:

  1. Kuasai Materi Anda.
    Memilih topik yang anda pahami, memahami lebih banyak tentang hal yang akan anda presentasikan. jika perlu dalam pidato, anda dapat menggunakan ilustrasi humor, kisah-kisah pribadi dan percakapan bahasa. dengan cara itu anda  akan mudah mengingat apa yang harus dikatakan.
  2. Latihan. Latihan. Latihan.
    Latihan dengan tekun menggunakan semua peralatan yang akan Anda gunakan, Merevisi setiap kalimat seperlunya. berhati-hatilah dan siasati untuk kata (out filler), seperti; eeeehmm.. eeee.ee.e.. (sering bergumam sendiri). Berhentilah sejenak dan bernapaslah relax. Berlatih dengan timer dapat memberikan waktu untuk jeda.
  3. Kenali Audiens Anda.
    Menyapa beberapa penonton saat mereka tiba. Hal ini sangat membantu.
    tentu kita akan merasa lebih mudah untuk berbicara dengan sekelompok yg anda kenal daripada orang asing. Bukan begitu?
  4. Kuasai Ruangan Presentasi Sejak Awal.
    Datang lebih awal, berjalan di sekitar wilayah (tempat) dimana anda akan berbicara, kemudian berlatihlah menggunakan mikrofon & melakukan visualisasi sebelum presentasi dimulai.
  5. Relax.
    Mulailah dengan mengatasi penonton. Ini memberi waktu dan menenangkan syaraf anda. berikan jeda pada awal presentasi dan tersenyumlah +/- dalam tiga hitungan (Satu satu-seribu, dua satu-ribu, tiga satu-ribu, lalu Bicaralah) Ubah energy gugup anda menjadi antusiasme.
  6. Visualisasikan Diri Saat Memberikan Pidato.
    Bayangkan diri Anda berbicara, suara anda keras, jelas dan percaya diri. Dan Membayangkan para penonton bertepuk tangan – itu akan meningkatkan kepercayaan diri Anda (selalu berpikir positif).
  7. Sadarilah Bahwa Orang Ingin Anda Berhasil.
    Audiens ingin Anda menarik, informatif dan menghibur. Mereka menanti untuk presentasi yang akan Anda bawakan.
  8. Jangan Mengemis Maaf.
    Jangan meminta maaf berulang-ulang atas kegelisahan atau masalah anda, Karena penonton mungkin tidak pernah melihat itu.
  9. Konsentrasi Pada Pesan atau Isi Materi Yang Akan Disampaikan.
    Jangan Fokuskan perhatian anda dari ketakutan anda sendiri tetapi berkonsentrasilah pada pesan yang anda bawakan dan audiens anda.
  10. Dibutuhkan Pengalaman Yang Benar (Wajib).
    Presentasi atau Pidato anda harus mewakili Anda sebagai otoritas dan sebagai pribadi yg berkarakter. pengalaman tentu dapat membangun kepercayaan diri, yang merupakan kunci untuk berbicara yang efektif dan menarik.

Pelatihan di Public speaking Academy (publicspeakingacademybandung.com) dapat memberikan pengalaman positif yang Anda butuhkan dalam presentasi atau pidato.

Salah satu elemen yang paling penting dari kepemimpinan adalah kemampuan untuk memotivasi orang lain. Tanpa motivasi, bahkan yang paling ahli profesional berpengalaman pun tidak mungkin dapat mencapai hal-hal besar. Karena Banyak Orang akan sangat termotivasi dari orang-orang berbakat, bahkan Motivasi di sisi lain, dapat memindahkan gunung. Meskipun benar bahwa memotivasi orang melibatkan lebih dari sekedar mengubah cara Anda berbicara, Public speaking Academy akan memberikan beberapa panduan.

Tahukah anda?

Bahwa anda dapat membantu membangun motivasi team anda dengan hanya kata-kata dan suara Anda:

  1. Jadilah Antusias. karena Antusiasme itu Menular!
    Sebelum Anda mempresentasikan ide Anda, pikirkan tentang aspek subjek yang anda temukan paling menarik, dan jangan takut untuk menggunakan intonasi yang menarik melalui suara Anda.
  2. Gunakan Ilustrasi, Cerita dan Anekdot.  
    Apa yang Anda sampaikan akan lebih Efektif, karena cerita dapat menajamkan kewenangan untuk topik anda dan memberikan hasil nyata bahwa orang dapat mengingatnya lebih mudah.
  3. Bicaralah dengan Keyakinan.  
    Menyampaikan pesan Anda dengan jelas, Pertahankan kontak mata dengan pendengar Anda (audience) tidak bergumam atau membungkuk.
  4. Gunakan Kalimat “Anda dan Kita”.  
    Alih-alih memberitahu Audiens mengenai apa yang ingin Anda dan mereka lakukan dalam mencapai tujuan. Libatkan pendengar dalam kegiatan kelompok.
  5. Jadikan itu Sederhana atau “Make it simple”.
    Orang-orang tidak termotivasi oleh apa yang Anda katakan, mereka termotivasi oleh apa yang mereka pahami.
    Cara terbaik untuk memastikan Audience memahami anda, adalah untuk memecah ide / materi yang kompleks menjadi komponen sederhana.

Artikel saya kali ini tentu hanya memberikan informasi yang anda butuhkan untuk menjadi seorang Public Speaker dan Seorang Pemimpin. Dan, kita semua mengerti bahwa, mengetahui sebuah informasi saja tidaklah cukup. yang Anda butuhkan adalah Latihan Latihan dan latihan.

PUBLIC SPEAKING ACADEMY BANDUNG:

Call: (022) 9338 1705
SMS/WA: 081.821.5685
PIN BB: 75CBD145
Email: publicspeakingbandung@gmail.com