NLP Application for Business and Career

NLP-Application-for-Business-and-CareerNeuro-Linguistic Programming atau yang biasa kita kenal dengan istilah NLP saat ini banyak digunakan dalam berbagai aplikasi. seperti dalam komunikasi, kepemimpinan, manajemen, bisnis, karir, sales, marketing, konseling, terapi, kedokteran, coaching, olahraga, hiburan, dan lainnya.

Pengertian dari NLP itu sendiri adalah suatu teknologi yang mempelajari teknik cara berpikir dan berperilaku efektif melalui pengelolaan Neuro (penalaran, proses berpikir dan pemrosesan informasi), Linguistic (penggunaan bahasa), dan Programming (penerapan strategi yang efektif). Suatu teknik dengan menggunakan sugesti alam bawah sadar yang sangat cepat dan begitu efektif dalam menyembuhkan beragam mental block.

NLP juga dikenal sebagai teknologi yang mempelajari struktur internal seseorang yang mempengaruhi perilaku eksternal, strategi atau teknik dan skill tertentu, komunikasi, efektivitas hidup, pekerjaan, gaya hidup, kinerja profesi, dan prestasi, yang memungkinkan untuk dilakukan modifikasi, perubahan, peniruan, dan pemodelan dari satu orang ke orang lain.

Melalui NLP, seseorang dapat memperoleh suatu ketrampilan baru dalam jangka waktu yang dipercepat dari cara pembelajaran biasa. Hal ini bisa dillakukan dengan cara memahami hubungan antara bagaimana kita berpikir, cara kita berkomunikasi, dan bagaimana kita melakukan apa yang kita lakukan sehingga kita dapat mencapai potensi maksimal kita.

NLP mengajarkan kepada kita bahwa “bukan sekedar benar atau salah, tapi yang berguna” (kita diharuskan tidak fokus pada bingkai masalah, tapi lebih berfokus pada bingkai solusi. Bukan hanya sekedar fokus pada kebenaran sebuah konsep, teori dan belief, tapi pada kegunaannya) dengan prinsip sederhana ini, hidup kita akan jauh lebih efektif karena kita akan lebih memikirkan bagaimana sesuatu berguna untuk membantu dalam mencapai tujuan hidup kita.

NLP juga sangat menekankan pada outcome atau hasil yang ingin dicapai. Kita belajar untuk tidak menghasilkan waktu untuk menggali masalah, latar belakang, penyebab, kenapa, dan lain-lain. Kalaupun harus melihat ke belakang untuk menyelesaikan masalah, NLP hanya mengajarkan kepada kita bagaimana masalah ini terjadi yang mana fokus pada struktur masalahnya untuk bisa diintervensi. Kita lebih di fokuskan pada semua sumber daya yang dapat membantu kita menuju outcome, fleksibilitas tinggi dalam memperluas pilihan-pilihan kita.

Percaya atau tidak bahwa kita semua mempunyai Peta pikiran atau model dunia yang berbeda. Hal ini tidak sama dengan REALITA. Karena itu NLP mengajarkan kepada kita untuk tidak bertindak dan berpikir berdasarkan realita, tetapi hanya berdasarkan pada persepsi kita pada realita. Peta atau model dunia kita tergantung dari berbagai hal seperti proses filter di pikiran kita, dimana informasi diseleksi sesuai fokus kita, diartikan dan di generalisasi. Setelah itu di filter lagi berdasarkan values, beliefs, memori, strategi, dan meta program (preferensi perilaku/konsep kepribadian). Proses ini yang kemudian menghasilkan peta pikiran atau model dunia kita secara unik.

Presuposisi atau yang biasa disebut Presupposition, pengertian sederhana mengenai ini adalah prinsip atau belief. Yang menyangkut kerangka berpikir dan berperilaku (sesuatu yang kita pergunakan sebagai dasar dari pikiran dan tindakan), misalnya kata ‘The Map is not the territory’ yang berarti bahwa yang kita lihat, dengar, dan rasakan tidak mewakili keadaan atau realita. ‘There is no failure, only feedback’ yang menekankan pada fleksibilitas sikap untuk menerima apa yang  biasanya dianggap sebagai kegagalan, hanya sebagai masukan agar kita mengganti pendekatan kita di kemudian hari.

Tools NLP bertujuan untuk membantu efektivitas kita membangun ‘Rapport’ yaitu suatu cara dalam berkomunikasi secara efektif. Meta model yang merupakan tool untuk berkomunikasi secara spesifik, dan meta program untuk memahami pola pikir dan motivasi seseorang, Neurological level untuk memetakan cara berpikir, termasuk masalah dalam pola pikir dan sikap. Seperti teknik anchor yang bertujuan membantu efektivitas pikiran dan perilaku kita.

Hypnotherapy merupakan terapi yang dilakukan pada seseorang dalam kondisi hypnosis, “neuro hypnotism” yang berarti tidurnya sistem syaraf. Orang yang terhipnotis menunjukan karakteristik tertentu yang berbeda dengan yang tidak, yang paling jelas adalah mudah disugesti. Kemampuan ini sering digunakan untuk memodifikasi perilaku, isi perasaan, sikap, juga keadaan seperti kebiasaan disfungsional, kecemasan, sakit sehubungan stress, dan perkembangan pribadi.

Lalu, Bagaimana Penerapan NLP dalam bisnis?

Pada waktu NLP masuk di dunia bisnis, dilakukan berbagai modeling mengenai kesuksesan bisnis, dan dikembangkanlah berbagai aplikasi NLP di dunia bisnis. Awalnya, NLP banyak dipergunakan di area penjualan, komunikasi bisnis, ketrampilan negosiasi, manajemen rapat, kemampuan presentasi dan teknik berbicara. Semuanya yang berbau komunikasi dalam dunia bisnis, dan hasilnya memang langsung dapat dirasakan seketika. Komunikasi bisnis lebih lancar, target komunikasi tercapai, dan kesalahpahaman dapat dihindari menjadi nyaris hilang sama sekali.

Seiring berjalannya waktu teknik NLP pun bertumbuh saat digunakan secara luas oleh perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat dan Inggris, mereka menjadi garda terdepan dalam penggunaan NLP di dunia bisnis / kerja dalam berbagai aplikasi. Pada awal tahun 1980-an, perusahaan seperti American Express sudah menggunakan NLP untuk karyawan mereka dan mencapai kesuksesan yang luar biasa.

Kini NLP telah berkembang di Indonesia, Berbagai Perusahaan-perusahaan berskala besar mengambil manfaat NLP untuk membantu dalam pengembangan karyawan, antara lain:

  • Menemukan karyawan yang cocok dalam suatu perekrutan
  • Interview yang lebih mengena
  • Penjualan yang lebih efektif
  • Memotivasi karyawan untuk lebih sukses
  • Menyelaraskan tujuan dan strategi perusahaan
  • Menetapkan dan mencapai Goals
  • Negosiasi efektif
  • Presentasi yang sukses
  • Team-Building dan kinerja
  • Coaching dan conseling
  • Kemampuan mengelola stress
  • Mengubah masalah menjadi suatu peluang
  • Membantu menyelesaikan konflik karyawan
  • Membangun hubungan antar-pribadi yang lebih akrab dan profesional
  • Meningkatkan hasil melalui komunikasi internal yang lebih baik
  • Meningkatkan keterlibatan karyawan dan mengurangi kemangkiran
  • Dan lainnya.

Begitu sangat luar biasa dampak dari pembelajaran NLP dalam dunia bisnis / kerja. Nah, sudah terbayang kan bagaimana akan dampaknya bagi diri sendiri untuk kemajuan karir.

STOP     Sekedar cari tahu..

STOP     Sekedar nguping sana-sini..

STOP     Sekedar tanya-tanya..

JIKA MAU PAHAM, LAKUKAN…!

Belajar NLP S E K A R A N G dan ambil manfaatnya!

Untuk jadwal Pelatihan NLP terdekat silahkan cek di Public Training Schedule