Mengapa Harus Mengikuti Pelatihan Service Excellence?

Perkembangan zaman yang semakin pesat menimbulkan ketatnya persaingan antar perusahaan atau institusi. Terlebih pada sebuah perusahaan atau institusi yang berkaitan dengan jasa pelayanan terhadap pelanggan. Kondisi ini membuat banyak perusahaan berlomba-lomba mengadakan pelatihan service excellence.

Hal tersebut dilakukan oleh perusahaan untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas di perusahaan. Tidak ada yang menyangkal apabila SDM yang berkualitas dapat hadir di perusahaan maka pintu kesuksesan perusahaan pun akan semakin terbuka lebar.

pelatihan service excellence

Apa Itu Service Excellence?

Service excellence atau pelayanan prima merupakan sebuah pelayanan terhadap pelanggan dengan standar kualitas yang baik. Pelayanan prima dengan standar yang baik memiliki tujuan untuk membuat penggan pusa dan dapat memenuhi ekspetasi yang mereka inginkan. Dengan kata lain service excellence merupakan usaha untuk melayani kebutuhan pelanggan dengan maksimal.

Pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan pelanggan misalnya seperti front liner dan customer sercive, biasanya akan dituntut untuk mengesampingkan emosi pribadinya ketika berkomunikasi dengan pelanggan. Pada saat melayani pelanggan tersebut, Anda harus fokus kepada pelanggan untuk mendapatklan feedback yang positif dan pelanggan pun merasa nyaman.

Seberapa Pentingkah Service Excellence bagi Sebuah Perusahaan?

Mungkin dalam hati Anda bertanya-tanya, seberapa pentingkah service excellence itu bagi sebuah perusahaan? Yapp, service excellence itu sangatlah penting, bahkan bisa dikatakan salah satu kunci utamanya. Sebagian orang berpendapat bahwa sebuah perusahaan dikatakan sukses atau tidak bergantung dari sedikit banyaknya jumlah pelanggan yang datang menggunakan jasa layanannya atau membeli produknya.

Pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah, namun jangan lupa kalau kunci utama agar pelanggan dapat datang kembali menggunakan pelayanannya atau membeli produknya adalah ketika pelanggan merasa puas dan sesuai harapannya. Apabila pelanggan puas dan merasa terlayani dengan baik maka secara otomatis menjadi pelanggan setia dan membeli produk yang dijual atau menggunakan jasa layanannya yang ditawarkan oleh perusahaan.

Tidak mengherankan apabila banyak perusahaan yang rela menggelontorkan uang banyak untuk mengadakan pelatihan service excellence untuk karyawannya. Hal ini tidak lain untuk menjadikan karyawan memiliki kualitas prima dan juga untuk kebaikan perusahaan itu sendiri dalam mendapatkan keuntungan.

Anda membutuhkan Trainer yang berpengalaman? Silahkan hubungi kami di nomor

Phone/WA/SMS : 0857 2107 0453 - Yosep

6 Konsep Dasar Dalam Service Excellence Yang Harus Diperhatikan

Jika Anda ingin mencapai pada tahap Service Excellence terhadap pelanggan, terdapat enam konsep dasar yang harus diperhatikan, yakni:

  1. Kemampuan (ability)
    Untuk mencapai service excellence maka karyawan yang berhubungan dengan pelanggan wajib memiliki kemampuan yang bagus dalam beberapa hal, misalnya dapat berkomunikasi secara efektif, menguasai SOP perusahaan untuk mengatasi permasalahan yang dimiliki oleh pelanggan, dan memiliki pengetahuan sesuai di bidang kerjanya.Selain itu juga perlu mengetahui perihal apa saja yang boleh dan tidak boleh disampaikan kepada pelanggan. Kemampuan yang dimiliki akan sangat berpengaruh pada kecakapan saat menghadapi pelanggan. Kemampuan penting lainnya adalah mengontrol emosi. Jika Anda seorang frontliner maka Anda harus Mampu memotivasi dirinya sendiri untuk memberikan pelayanan yang maksimal.

    Memotivasi diri berguna untuk Anda supaya tetap profesional, tanpa mencampurkan urusan atau masalah pribadi. Kalau pun Anda memiliki masalah seberat apa pun di rumah, pelanggan tidak mau tahu, karena yang ada dipikiran pelanggan hanyalah bagaimana kemampuan Anda ketika berhadapan dengannya. Oleh karena itu, memiliki kemampuan bagus sesuai bidangnya merupakan hal pokok dalam sebuah pelayanan supaya tidak miss communication.

  2. Sikap (Attitude)
    Sikap yang ditunjukkan oleh frontliner, customer service, atau pihak sejenis yang berkaitan dengan pihak luar perusahaan sangatlah perlu dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan akan menjadi kesan tersendiri bagi para pelanggan. Secara tidak langsung akan memberikan dampak yang besar bagi perusahaan, contohnya saja jika seorang frontliner bersikap tidak ramah maka akan menimbulkan ketidaknyamanan pelanggan.Jika pelanggan tersebut merupakan pelanggan baru maka akan merasa menyesal membeli produknya atau memakai jasanya sekaligus produk dan jasa yang dimiliki bagus. Untuk itu penting sekali bagi Anda yang setiap harinya bertemu dengan pelanggan memiliki sikap yang ramah-tamah, simpatik, dan profesional.

    Itulah konsep dasar kedua yang harus Anda terapkan dan pahami jika Anda bekerja bersentuhan langsung dengan pelanggan, yaitu memiliki sikap yang dapat menyenangkan pelanggan dan sopan untuk memberikan pelayanan prima.

  3. Penampilan (Apprearance)
    Dalam dunia pelayanan, hal sedetail apa pun biasanya akan diperhatikan, salah satunya adalah penampilan. Penampilan ini meliputi dua hal, fisik mau pun nonfisik. Fisik yang dimaksud adalah cara berpakaiannya, kebersihan, gaya rambutnya, dan lain sebagainya. Untuk standar penampilan, biasanya perusahaan sudah menentukan standar untuk karyawannya.Ada pun yang berupa nonfisik, contohnya cara duduk, cara berdiri, cara berbicara, cara berjalan, cara berjabat tangan, dan lain sebagainya. Mempertimbangkan penampilan untuk mencapai service Excellence adalah bagian konsep dasar untuk melayani pelanggan. Selain itu, cara berpakaian Anda juga dapat menentukan citra dan kredibilitas atau tidaknya sebuah perusahaan.
  4. Perhatian (Attention)
    Unsur penting selanjutnya dalam service excellence adalah perhatian. Untuk Anda yang setiap harinya harus menemui pelanggan dan berkomunikasi dengan mereka, penting sekali memberikan perhatian lebih kepada mereka. Memberi perhatian dapat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan.Memberi perhatian sesuai dengan keinginan dan apa yang dibutuhkan pelanggan merupakan bentuk kepedulian Anda terhadap pelanggan. Tindakan memberikan perhatian jika Anda sebagai seorang karyawan yang berurusan langsung dengan pelanggan adalah contoh pelayanan prima.

    Contoh perhatian yang bisa Anda lakukan misalnya menyapa, bertanya kepentingan atau permasalahannya dengan layanan jasa atau produk yang perusahaan miliki. Selain itu juga termasuk membantu mengatasi masalahnya. Jika Anda mampu memberikan perhatian sewajarnya terhadap pelanggan, hal itu bisa menjadi nilai positif perusahaan dan memiliki citra yang baik.

  5. Tindakan (Action)
    Tindakan merupakan konsep dasar service exchellenge selanjutnya setelah Anda memberikan perhatian. Pada bagian ini Anda perlu membuktikan kinerja Anda dalam bentuk nyata. Misalnya saja Anda memastikan apa yang menjadi keinginan atau kebutuhan pelanggan. Jika Anda merasa kurang mantap atau terjadi ambiguitas saat berkomunikasi, Anda bisa mengonfirmasi kembali memastikan yang sebenar-benarnya dengan sopan.Apabila terlalu banyak pertanyaan yang diajukan, Anda perlu mencatat secara rinci. Konsep ini semata-mata dilakukan untuk terpenuhinya pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan Anda.
  6. Tanggung jawab (Accountability)
    Tanggung jawab merupakan konsep dasar service Excellence. Dalam hal ini jika Anda sebagai seseorang yang berhadapan langsung terhadap pelanggan, Anda harus menunjukkan sikap keberpihakkan Anda kepada pelanggan. Hal ini berfungsi untuk memaksimalkan pelayanan dan meminimalkan resiko ketidakpuasan pelanggan.

Tahukah Anda Tujuan dan Manfaat Pelatihan Service Excellence?

Pada bagian sebelumnya sudah disinggung tentang pengertian apa itu service Excellence dan juga konsep-konsep dasarnya. Selanjutnya akan dipaparkan apa saja tujuan dan manfaat yang akan didapatkan jika Anda mengikuti pelatihan service Excellence di antaranya:

  • Meningkatkan kualitas pelayanan sehingga pelanggan merasa puas dan sesuai harapan
  • Dapat memotivasi diri Anda agar melayani dengan sepenuh hati dan mengesampingkan ego
  • Menambah wawasan dan menginspirasi diri
  • Menggugah komitmen dalam melayani pelanggan tanpa melihat siapa pelanggannya
  • Membangun kepercayaan publik sehingga pelanggan tidak kapok dan dapat menjadi pelanggan setia
  • Meningkatkan laba perusahaan
  • Mampu memahami harapan dan kebutuhan pelanggan
  • Memberikan pelayanan yang bermutu
  • Memahami konsep dasar pelayanan di perusahaan

Jika Anda termasuk orang yang peduli terhadap perusahaan Anda dan ingin meningkatkan kualitas Anda dalam menghadirkan pelayanan yang bermutu maka Anda perlu untuk mengikuti pelatihan service excellence bersama kami sesegera mungkin untuk hasil tidak terduga.