Mengenal Jasa Outbound Team Building

Abad ke-21 merupakan abad yang sangat jauh berbeda dibandingkan abad sebelumnya. Pada era ini teknologi berkembang begitu cepat dan masif. Perkembangan teknologi akhirnya menuntut produktivitas lebih di lingkungan kerja. Tidak mengherankan apabila presentase tekanan di lingkungan kerja pun jauh lebih besar pada abad ini.

Di sisi lain, karena semakin minimnya interaksi langsung, maka chemistry di antar pekerja pun semakin kurang baik. Akibatnya, kerjasama dan kepercayaan di antara pegawai atau atasan menjadi buruk. Perusahaan pun terkena imbasnya, konflik seolah selalu mengitari perusahaan, perkembangan pun menjadi terhambat.

Pelatihan outbound team building merupakan salah satu solusi untuk membangun kembali interaksi dan kerjasama di antara anggota. Para pekerja harus mengenal satu sama lain dan menciptakan sebuah lingkungan yang nyaman untuk bekerja.Tujuan akhirnya adalah membentuk sinergisitas antar anggota. Selain itu, pelatihan ini diharapkan dapat mengarahkan kembali tujuan yang hendak dicapai bersama.

Untuk menyukseskan sebuah pelatihan outbound team building tentu diperlukan komitmen untuk mencapainya. Kepentingan bersama harus diprioritaskan dibandingkan egoisme individu. Ditambah, team building juga perlu membangun kepercayaan satu sama lain.

Pelatihan outbound team building

 

Apa itu Jasa Outbound Team Building?

Tidak dapat dipungkiri rutinitas pekerjaan sehari-hari terkadang sangat membosankan. Pekerja harus bangun pagi, berangkat ke kantor lalu menghabiskan waktu seharian di depan perangkat elektronik. Tentu hal ini apabila dilakukan dalam waktu jangka panjang dapat memicu rasa bosan. Terkadang dalam posisi tertekan sepertiu itu konflik antar individu pun dapat muncul. Mereka yang sebenarnya jarang berinteraksi apabila memiliki konflik dapat berlangsung dalam waktu lama. Akhirnya kinerja tim pun menjadi terganggu.

Dalam kondisi ini, bagian management perusahaan terutama HRD perlu memutar otak untuk mencari solusinya. Salah satu solusi yang umum diambil adalah dengan membuat rencana liburan ke luar kota (outing). HRD biasanya menggandeng event organizer jasa outbound team building dan jasa travel yang sudah berpengalaman untuk memperlancar acara ini.

Tujuan kegiatan refreshing ini tidak hanya untuk liburan, tetapi juga memiliki tujuan untuk pelatihan team building. Konsep outbound team building sering diambil dalam acara seperti ini. Mereka pun tidak hanya jalan-jalan tetapi juga menikmati permainan outbound yang bertujuan untuk membangun interaksi dan kebersamaan di antara pekerja.

Di berbagai tempat wisata sekarang telah muncul berbagai simulasi permainan outbound yang memang diperuntukkan untuk team building. Kegiatan ini bisa dilakukan di indoor atau outdoor sesuai kebutuhan. Jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari rafting, air soft gun, blind leader, lifting water, hingga flying eggs.

Tujuan Outbound Team Building Karyawan

Inti tujuan dari kegiatan outbound team building untuk karyawan adalah untuk membangun sinergisitas, komitmen, dan kerjasama yang ditujukan untuk pengembangan diri dan kolektivitas kerja peserta outbound. Dalam dunia outubound team building dikenal konsep 4 C: Confidence, Competency, Connection, dan Conception.

Anda ingin mengadakan pelatihan team building dengan  yang berpengalaman? Silahkan hubungi kami di nomor

Phone/WA/SMS : 0857 2107 0453 - Yosep

Manfaat Outbound Team Bulding

Seperti yang telah disinggung di atas tadi, outbound team building memiliki banyak manfaat. Berikut ini merupakan manfaat dari outbound team building:

1. Meningkatkan soft skills individu

Penyedia jasa outbound team building biasanya telah merancang program outubound sedemikian rupa untuk melatih dan memacu setiap peserta agar mengesah kemampuan berpikir sistematis dan dan terencana.

Program pelatihan outbound kebanyak memang dilaksanakan dengan suasana penuh kegembiaraan, seolah-olah di acara ini tidak ada sekat jabatan atau senioritas, sehingga diharapkan bisa meningkatkan aktualisasi diri tiap individu peserta outbound. Dengan meningkatnya rasa percaya diri dari masing-masing individu diharapkan bisa membawa dampak positif dalam peningkatan dan perkembangan pribadi masing-masing karyawan.

Selain itu, di dalam pelatihan ountbound ini peserta juga dilatih untuk membentuk jiwa disiplin dan tanggung jawab. Dengan begitu, etos kerja dan etika kerja para peserta dapat terbentuk dan terlatih. Nantinya mereka diharapkan dapat membawa hal positif itu ke lingkungan kerja.

2. Membentuk Kerjasama Tim

Selain untuk peningkatan kemampuan tiap individu, program outbound juga dirancang untuk memantik rasa kebersamaan dari peserta. Karena tidak jarang, meskipun setiap hari berada di ruangan kantor yang sama, belum tentu antar pegawai tersebut memiliki keterikatan untuk saling bekerjasama. Oleh sebab itu, program pelatihan outbound dirancang sedemikian rupa untuk membentuk kerjasama dan kebersamaan.

Di permainan tersebut akan dibuat sebuah simulasi agar seluruh peserta ikut serta dalam kerja kolektif yang mengandalkan kerjasama demi meraih kemenangan/tujuan.k permainan, program pelatihan outbound dan team building akan membuat simulasi agar semua individu 'terpaksa' untuk bekerja secara kolektif atau melalui teamwork demi mencapai tujuan bersama. Adanya kerjasama antar individu tidak hanya membuat sebuah pekerjaaan lebih efisien tetapi juga mendongkrak produktivitas perusahaan.

3. Melatih Mental Peserta

Dalam program pelatihan team building outbound, seluruh peserta diharapkan selalu siap bertindak dan merespon dengan cepat sesuai situasi dan kondisi tidak terduga. Karena itu banyak permainan yang didesain untuk menguji kecepatan berpikir peserta dalam menghadapi persoalan. Tujuannya agar para pekerja selalu siap menghadapi tantangan-tantangan tidak terduga yang sering muncul di dalam kerja. Tidak hanya menghadapi tantangan, tetapi juga peruahan yang sewaktu-sewaktu dapat muncul.

Simulasi pelatihan outbound membentuk individu menjadi selalu siap menghadapi tantangan baru entah sendiri atau bersama dengan tim. Kemampuan ini menjadi salah satu bekal dasar mereka untuk survive ketika perusahaan tengah dirundung masalah.

4. Hiburan

Beban kerja yang menumpuk dan selalu bertambah menjadi momok bagi generasi sekarang. Hidup mereka seringkali begitu tertekan karena setiap harinya harus bergelut dengan rutinitas yang sama. Tidak jarang mereka merasakan rasa jenuh dan bosan.

Individu yang tidak kuat menghadapi tekanan dan rasa bosan ini banyak yang memutuskan mengakhiri kerjanya untuk mencari tantangan baru. Untuk leader tentu ini menyulitkan mereka yang tengah membangun loyalitas di antara pekerja.

Salah satu manfaat utama dari program pelatihan team building outbound adalah sebagai sarana hiburan untuk melepas penat bagi karyawan dari rutinitas kerja sehari-sehari. Memang terlihat sepele, namun bagi para pekerja program ini sangat berarti untuk mereka.

Untuk itu program outbound dirancang untuk semaksimal mungkin dapat menghadrikan suasana santai dan menyenangkan bagi para peserta. Tentunya dengan tetap mempertahankan unsur simulasi pelatihan.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa program outbound untuk karyawan memiliki banyak manfaat bagi perusahaan sendiri Karena sifatnya yang seru dan menyenangkan, program outbound tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, tetapi juga bermanfaat untuk keluarga karyawan. Outubound untuk keluarga juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan ountbound bagi karyawan. Buat Anda yang ingin keluarga solid dalam bekerjasama, program ountbound ini patut dicoba.

Banyak kota yang bisa dipertimbangkan untuk dijadikan destinasi pelatihan outbound. Misalnya Jogja yang banyak menawarkan wisata yang juga memiliki paket pelatihan team building outbound. Tenang saja di kota ini paket pelatihan outboundnya dapat diperoleh dengan harga murah kok. Di kota-kota lain juga banyak penawaran program outbound, jadi tinggal Anda menentukan sesuai selera.