Opening Presentasi Yang Memikat Audiens

Cara-Mudah-Membuat-Opening-Presentasi-Yang-Memikat-AudiensSeumur hidup kita pasti sering sekali menyaksikan orang-orang yang berdiri di depan banyak orang untuk menyampaikan sesuatu. Momennya bisa saat ulang tahun, pernikahan, syukuran, kegiatan belajar di sekolah atau perguruan tinggi, bahkan di sebuah proses pemakaman seseorang. Kita juga saksikan beberapa pembicara di televisi atau mendengarkan penyampaian sebuah materi di radio. Nah, dari sekian banyak yang sudah kita simak dan saksikan, pasti terasa ada perbedaan kualitas pembicara. Ada yang kaku, ada yang sangat luwes, ada yang bicaranya pendek-pendek dan ada yang seperti tidak pernah habis bahan pembicaraan, ada yang berkharisma ada juga yang biasa saja, lalu ada juga yang bicaranya menarik dan ada juga yang dari awal berbicara sudah membuat kita bosan. Sungguh, saya yakin sekali bahwa mereka yang tampil penuh percaya diri, luwes, dan menarik cara penyampaiannya pasti memiliki ilmu Public Speaking.

Ada banyak materi dalam Public Speaking. Kali ini saya ingin menceritakan secara khusus tentang opening presentasi yang memikat audiens. Opening adalah serangkaian kalimat yang disampaikan seorang Public Speaker di awal materinya, fungsinya tentu saja sebagai pembuka. Lima menit pertama seorang Public Speaker seperti yang sedang menentukan nasibnya apakah ia akan berhasil di sesinya atau tidak. Sebagai analog saya ceritakan tentang sebuah film kesukaan saya yang dalam lima menit pertama saya akan segera dapat menyimpulkan apakah film ini akan menarik buat saya atau tidak. Pentingnya suatu opening menyebabkan opening menjadi salah satu materi yang dibahas secara detail di kelas Public Speaking yang saya adakan di Public Speaking Academy. Bahkan tidak hanya teori, peserta kelas saya minta satu persatu untuk mempraktikkan opening agar benar-benar memahami ilmunya.

Ada beberapa cara opening yang bisa kamu pakai agar materimu terlihat menarik. Yang pertama adalah dengan visual impact, kedua dengan powerful question, lalu dengan four statement, humor, quotes, dan yang terakhir dengan story. Everybody loves story, semua orang menyukai cerita, dan memang bercerita adalah opening yang paling mudah digunakan oleh hampir semua pemula. Saya sarankan untuk memilih metode opening yang paling mudah untuk dikuasai dan seiring berjalannya waktu kamu bisa mencoba model opening lainnya agar skill kamu bertambah dan terasah. Ingat juga bahwa opening apapun yang kamu gunakan harus berhubungan dengan isi materi. Perhatikan hal tersebut dengan baik, jangan sampai opening tidak bersesuaian dengan topik yang akan disampaikan. Story dapat kamu ambil dari kisah pribadi, kisah orang lain, atau cerita yang kamu dapatkan dari membaca di suatu sumber bacaan. Hati-hati untuk tidak memilih cerita yang berhubungan dengan SARA. Kenali audiensmu dan cocokkan dengan ceritamu, jika audiens adalah kumpulan remaja maka kamu bisa memilih cerita yang segar khas remaja dengan sisipan humor yang sesuai dengan usia tersebut. Demikian pula dengan bahasa, jika audiensmu adalah orang-orang yang berasal dari suku tertentu misalnya Sunda, maka cerita dapat disampaikan atau justru sengaja dipilih dari cerita-cerita Sunda agar tercipta suatu ikatan yang erat antara pembicara dan audiens. Keakraban dan suasana yang menyenangkan adalah hal penting yang harus bisa diciptakan oleh seorang Public Speaker yang baik.

Opening dengan visual impact dapat juga kamu pilih sebagai opening untuk memikat audiens. Bawalah suatu benda yang menarik perhatian dan sesuai dengan isi materi, uang jika materinya tentang keuangan, handphone jika materinya tentang kemajuan teknologi informasi, dan lain-lain. Visual impact biasanya banyak digunakan oleh marketer saat hendak presentasi suatu produk. Ada banyak visual impact lainnya yang bisa digunakan baik berupa gambar atau bahkan video. Saya akan menjelaskannya dengan sangat detail di kelas Public Speaking Academy yang kami selenggarakan di Jl. Karasak Lama No. 6 Bandung.

Opening bukan materi yang sulit, saya yakin semua pasti mampu melakukannya. Sebuah quotes dari wordofsucces mengatakan “Start by doing what’s necessary. Then do what’s possible, and suddenly you are doing the impossible”. Ini kurang lebih berarti mulailah melakukan apa yang seharusnya dilakukan, mulai dari yang paling mudah, dan kamu akhirnya akan membuat sesuatu yang tadinya mustahil menjadi hal yang mungkin. Selamat belajar dan mari bergabung dengan saya di Public Speaking Academy.

Untuk info training hubungi 0818215685.