3 Teknik Komunikasi dengan 3M

Helmi Kurniawan, M.IKom. CPS,CIT seorang Owner KahafBrothers.Com (Public Speaking & Broadcasting School) seorang komunikator yang harus paham kebutuhan komunikan. Selain itu penting juga memahami siapa yang akan kita ajak berbicara atau siapa komunikan kita.

Public speaking sebenarnya adalah komunikasi efektif. Di dalamnya membutuhkan komunikator (penyampai pesan), komunikan (penerima pesan), pesan yang disampaikan, media dan respon. Semua itu penting menjadi perhatian.

Dalam teknik komunikasi dibagi menjadi tiga bagian besar atau yang di singkat dengan 3M :
1. Mengerti kawan bicara
Termasuk channel komunikasinya dan tombol motivasi agar mudah membangun keakraban dengan kawan bicara.
Lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

2. Mengirimkan pesan.
Proses komunikasi pengiriman terjadi ketika komunikator mengkomunikasikan pesannya kepada komunikan. Dalam tahap ini, komunikator mengirim lambang komunikasi melalui transmitter (dapat berupa apapun) sebagai alat pengirim pesan.

3. Menerima umpan balik.
Saat pesan telah di kirimkan, maka tugas seorang komunikator dalam hal ini adalah memastikan bahwa pesan tersebut telah tersampaikan dengan baik dan di pahami oleh kawan bicara anda. Untuk itu, mendapatkan umpan balik melalui teknik membaca bahasa tubuh kawan bicara merupakan hal penting untuk dilatih.

“Komunikasi efektif adalah memahami bahwa kita semua memiliki pandangan dan pemahaman yang berbeda serta menggunakan pemahaman ini sebagai panduan untuk berkomunikasi dengan orang lain” (Anthony Robbin)

Saya mengajak Anda untuk melakukan 3 cara diatas untuk memahami teknik komunikasi yang baik

Dibuat : Mareti Handayani