9 Manfaat Pelatihan Tenaga Penjualan – Davidsetiadi.com

Mengadakan pelatihan tenaga penjualan pada sebuah perusahaan adalah hal yang penting untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Tenaga penjualan atau tim sales mewakili perusahaan dalam menjualkan produk atau layanan ke para target pasar.

Saat staf penjualan berhadapan dengan target customer, maka mereka harus memiliki pengetahuan produk, harga, dan menjelaskan apa manfaatnya sehingga dapat meyakinkan para customer. Bagi Anda yang memiliki sebuah perusahaan, maka cobalah pertimbangkan pentingnya pelatihan pada staf sales.

Pelatihan tenaga penjualan

Manfaat Pelatihan Tenaga Penjualan

Proses pelatihan pada tim sales menjadi aspek penting dalam dunia penjualan. Semakin seseorang terlatih dengan baik, semakin baik pula kemampuannya di lapangan. Banyak staf sales, terutama yang baru mengenal penjualan, sering down saat mengalami penolakan dari customer.

Banyak staf yang gagal bertahan di pekerjaannya dan keluar tanpa terlebih dahulu mengetahui cara-cara efektif untuk meningkatkan closing.

Jika Anda tidak ingin tim sales mengalami kegagalan dalam menjual berbagai produk perusahaan Anda, berikut adalah manfaat dari mengadakan pelatihan tim sales yang perlu Anda pertimbangkan untuk diberikan sebagai bekal kepada mereka :

1. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Meskipun banyak sales senang berbicara dengan orang, mereka mungkin tidak memiliki keterampilan komunikasi yang menyeluruh. Keterampilan komunikasi sangat penting dalam penjualan karena tim sales harus memastikan bahwa customer memahami produk dan layanan yang ditawarkan.

Pelatihan penjualan harus membantu menumbuhkan keterampilan utama tenaga sales seperti banyak mendengarkan apa yang dikeluhkan customer untuk mendapatkan pemahaman tentang hal yang diinginkan dan dibutuhkan oleh customer.

Pelatihan  tim sales juga mengajarkan staf untuk tahu kapan mengajukan pertanyaan yang tepat selama melakukan presentasi dalam menawarkan produk atau layanan.

Pelatihan juga melibatkan materi pembelajaran tentang bagaimana cara berkomunikasi secara efektif dengan semua orang dengan jenis kepribadian dan latar belakang yang beragam.

Keterampilan komunikasi yang efektif berhasil menghubungkan orang dan bisnis secara keseluruhan. Seseorang bisa saja memiliki kelebihan di bidangnya, tetapi komunikator yang sangat baik adalah aset luar biasa bagi perusahaan mana pun.

2. Mempelajari Strategi Penjualan

Pelatihan staf penjualan dapat mengajari tim sales mengenai strategi yang telah terbukti berhasil untuk bisa closing. Strategi yang dipaparkan saat pelatihan bisa memberikan peta jalan untuk membuat sales tetap pada jalurnya.

Komponen kunci dari sebagian besar strategi penjualan adalah pengembangan berbagai teknik closing untuk mendapatkan engagement pembelian. Pelatih biasanya akan mengajarkan kepada tim sales Anda tentang bagaimana mencari metode yang tepat dan ampuh agar produk Anda laris di pasaran.

3. Menemukan Trik untuk Mengantisipasi Penolakan Customer

Keraguan, keberatan dan penolakan dari customer adalah bagian normal dari proses penjualan, karena orang cenderung mencari alasan untuk tidak membeli. Tenaga penjualan yang tidak terlatih dengan baik mungkin hanya setuju dengan keberatan yang disampaikan customer dan berhenti menjual.

Di sisi lain, staf sales yang cerdas pasti bisa mengubah apa yang membuat customer ragu dan berat dalam membeli produk Anda menjadi peluang baru.

Ya, pelatihan penjualan dapat mengajari staf sales cara mengantisipasi penolakan customer serta teknik untuk mengatasinya.

Dengan pelatihan tim penjualan, staf akan banyak belajar mengenali teknik dan strategi apa yang tidak memberikan hasil dari yang sudah diharapkan. Pelatihan tim sales bisa memastikan strategi dan alat mana yang efektif dan tidak.

4. ​Menemukan Customer Setia

Pelatihan penjualan bisa meningkatkan hubungan dari satu orang ke orang yang diperlukan untuk mendapatkan customer setia. 71% orang melakukan keputusan pembelian karena kepercayaan pada sebuah brand tertentu.

Nah, semua staf penjualan harus benar-benar memahami keinginan dan kebutuhan target customer mereka. Staf harus dapat mengkomunikasikan manfaat produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan sehingga dapat benar-benar menarik customer dan membangun loyalitas.

Training tenaga  penjualan akan memungkinkan staf Anda membangun interaksi yang efektif dengan target pasar perusahaan Anda sehingga pembelian terjadi dalam situasi win-win, memungkinkan customer membeli produk karena memang ingin dan butuh, bukan terpaksa.

5. Meningkatkan Kreativitas

Pelatihan tim sales yang hebat didukung oleh mentor yang profesional dan ahli di bidangnya. Pelatihan  akan mendukung ide, solusi baru dan alternatif untuk  segala masalah yang sering dihadapi tenaga penjualan.

Selain itu, pelatihan juga akan membantu menyempurnakan ide-ide yang ada dalam tenaga penjualan dengan seoptimal mungkin.

Manfaat menggelar pelatihan tim sales adalah untuk mengeksplorasi ide-ide yang akan membantu penjualan produk sehingga mereka menjadi lebih kreatif lagi ketika menawarkan produk ke customer.

6. Meningkatkan Produktivitas

Sebuah pelatihan penjualan yang tepat dan efektif dapat membuat tim penjualan Anda percaya diri dalam menangani tugas dan tujuan tanpa diminta atau disuruh oleh atasan.

Pelatihan yang diberikan kepada tenaga penjualan dapat memberi tim langkah-langkah yang jelas dan pasti untuk membuat mereka lebih produktif. Mentor akan memotivasi mereka agar menjadi tenaga penjualan yang hebat dan sempurna.

 

Anda membutuhkan Trainer yang berpengalaman? Silahkan hubungi kami di nomor

Phone/WA/SMS : 0857 2107 0453Yosep

7. Membantu Mencapai Kesepakatan yang Lebih Besar

Pelatihan penjualan dapat membantu tim Anda mencapai closing penjualan lebih sering atau bahkan mendapatkan kesepakatan yang lebih besar. Dengan pelatihan, tenaga penjualan Anda menjadi ahli dalam melakukan closing transaksi.

Mereka akan lebih mengasah keterampilan dan mendapatkan kepercayaan diri untuk menangani lebih banyak tanggung jawab. Pelatihan dapat membantu menanamkan praktik terbaik yang dapat disesuaikan untuk melakukan lebih banyak transaksi penjualan.

8. Dapat Memperkuat Perusahaan Anda

Pelatih yang baik dapat menyatukan tim untuk meraih kemenangan, tetapi pelatih yang hebat mengubah tim menjadi juara. Hal yang sama berlaku untuk tim penjualan Anda. Nah, program pelatihan pada tenaga penjualan bisa menjadi semangat bagi tim sales Anda.

Pelatihan penjualan yang hebat mampu meningkatkan kinerja individu dan dapat menanamkan rasa persaudaraan, persatuan, dan kerja tim. Pelatihan dapat memastikan bahwa semua aktivitas penjualan berjalan dengan sesempurna mungkin.

9. Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Karyawan Baru

Tim sales pasti akan selalu merekrut karyawan baru mengingat turnover dalam divisi ini umumnya terbilang tinggi. Namun, jika Anda ingin sekali menghindari hal itu, maka Anda perlu melakukan program pelatihan tim sales.

Pelatihan penjualan membantu meningkatkan kepercayaan diri karyawan baru untuk menawarkan semua produk perusahaan. Mereka akan dilatih untuk menjadi karyawan yang berpengetahuan luas, komunikatif dan semangat tinggi untuk mengejar target penjualan perusahaan.

Karyawan yang yakin dengan pengetahuan mereka tentang produk menambah nilai bagi perusahaan. Semakin percaya diri seseorang, semakin efisien dan produktif dirinya dalam mencapai tujuannya.

Saat karyawan baru menjadi lebih percaya diri dengan pengetahuan mereka tentang produk perusahaan Anda, kemungkinan besar mereka juga akan mengembangkan kepercayaan pada keterampilan lain yang mereka pelajari.

Memberikan pelatihan tenaga penjualan benar-benar sangat bermanfaat untuk perusahaan manapun. Dengan mengadakan pelatihan pada tim sales, mereka sangat berpeluang dalam meningkatkan penjualan ulang dan penjualan silang.

Pada akhirnya, peluang tersebut juga bisa menghasilkan peningkatan pendapatan dan kinerja perusahaan yang lebih baik. Jadi, bagi Anda yang ingin sekali meningkatkan profit bisnis perusahaan dan menguatkan pengetahuan dan skill tenaga penjualan, berikan mereka sebuah pelatihan yang tepat.