Pelatihan Customer Service

Pelatihan customer service sebaiknya diikuti oleh calon customer service. Pelatihan ini ditujukan untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Sehingga dapat mengurangi potensi kesalahan saat menghadapi konsumen secara langsung.

Tujuan Pelatihan

Pelatihan merupakan sebuah proses belajar dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama untuk memahami prosedur yang sesuai dengan kebutuhan secara sistematis dan terorganisir. Pelatihan dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas, pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang berhubungan dengan kinerja manusia.

Hal tersebut ditujukan agar mampu bersaing mencari pekerjaan atau meningkatkan jabatan di suatu perusahaan. Pelatihan dapat diikuti secara mandiri maupun tuntutan dari perusahaan. Pelatihan sangat penting bagi calon pencari kerja untuk meningkatkan skills yang sesuai dengan pekerjaan.

Berikut beberapa tujuan pelatihan:

Meningkatkan kemampuan diri sendiri

Salah satu tujuan diadakannya pelatihan adalah untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri. Dengan mengikuti pelatihan tentu saja kita dapat mengembangkan kemampuan diri sendiri dan juga dapat mempermudah saat melamar pekerjaan.

Meningkatkan kinerja karyawan

Pelatihan juga dapat diadakan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja karyawannya agar lebih berkompeten. Biasanya perusahaan membuat pelatihan bagi karyawan baru maupun karyawan lama dalam jangka waktu tertentu secara berkala.

Mempersiapkan karyawan untuk kenaikan jabatan

Di dalam suatu perusahaan sering kali terdapat promosi jabatan atau kenaikan jabatan. Untuk dapat dipromosikan tentu kita harus memiliki keterampilan tambahan. Sehingga kita dapat mengikuti pelatihan-pelatihan agar meningkatkan keterampilan dan wawasan.

pelatihan customer service

Manfaat Pelatihan

Pelatihan sangat bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi perusahaan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari pelatihan customer service :

Meningkatkan keterampilan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi sangat penting terutama untuk menghadapi komplain dari pelanggan. Seorang customer service harus bisa berkomunikasi dengan baik. Customer service juga harus mempunyai perilaku, sikap (attitude), dan etika yang baik.

Dengan begitu pelanggan yang mereka layani akan puas dengan pelayanannya. Untuk itu customer service atau CS lebih baik mengikuti pelatihan customer service.

Memberikan pelayanan yang terbaik

Customer service dituntut harus dapat memberikan pelayanan yang paling baik untuk pelanggan. Seorang customer service harus bisa menghandle segala masukan, kritikan, maupun saran dari pelanggan. Dalam situasi apapun customer service harus bisa memuaskan hati pelanggan dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang diajukan oleh pelanggan.

Memahami aturan untuk memberikan pelayanan

Dalam menanggapi permasalahan yang berasal dari konsumen, customer service mempunyai aturan dan juga batasan yang tidak boleh dilanggar. Aturan ini bertujuan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.

Memahami ekspestasi dan emosi pelanggan

Seorang customer service juga harus bisa mengerti ekspektasi dan juga emosi pelanggan. Customer service harus benar-benar mengerti hal-hal yang diinginkan oleh pelanggan dan juga harus mampu meredakan emosi pelanggan.

Dengan memberi kepuasan pelayanan pada pelanggan secara tidak langsung akan meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

Metode Pelatihan Customer Service

Pelatihan ini mempunyai beberapa metode yang digunakan, metode ini juga sudah banyak digunakan. Pelatihan atau pembelajaran ini hanya membutuhkan waktu yang singkat. Untuk itu harus menggunakan metode – metode yang menyenangkan, mudah dipahami, dan mudah untuk diterapkan.

Berikut ini merupakan metode pelatihan customer service yang banyak digunakan:

Pelatihan langsung

Metode pelatihan ini sering sekali digunakan karena lebih efektif dan efisien untuk banyak orang. Semua orang berkumpul dalam satu tempat untuk mendapatkan ilmu mengenai customer service.

Pelatihan langsung ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Biasanya dilaksanakan di dalam ruangan kelas, gedung, ruangan rapat, maupun ruangan seminar.

Games

Pelatihan yang berulang – ulang akan terasa sangat membosankan, maka perlu dilakukan inovasi dari pelatihan ini. Inovasi pelatihan ini melalui games, dengan games materi akan lebih mudah untuk dipahami.

Selain itu, games menjadi sarana yang menyenangkan dan hiburan bagi peserta pelatihan. Pelatihan dengan games akan lebih mudah dilakukan karena membuat yang dilatih merasa senang.

Grup Diskusi

Grup diskusi merupakan grup kecil yang hanya terdiri dari beberapa orang. Mereka saling mengeluarkan pemikiran serta pendapatnya untuk saling memberikan saran antara satu sama lain.

Grup ini berfungsi untuk mendiskusikan suatu kasus antara peserta satu dengan peserta lain dalam satu kelompok, sehingga menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan.

Role Playing

Merupakan sebuah metode yang digunakan dengan cara memperagakan sebuah peran. Peserta pelatihan akan diberikan peran masing-masing oleh pembawa acara dan para peserta harus menjalankan peran apapun yang didapatkannya.

Dengan menggunakan metode ini peserta akan lebih mudah memahami materi dengan bertukar peran.

Quiz

Quiz biasanya berupa pertanyaan yang diajukan pembawa acara untuk mengetahui tingkat pemahaman para peserta. Pertanyaan yang diajukan mengenai materi yang telah disampaikan di awal pelatihan.

Biasanya quiz dilakukan saat akhir sesi, jika para peserta bisa menjawab dengan benar akan diberikan hadiah sebagai rewards.

Anda membutuhkan Trainer yang berpengalaman? Silahkan hubungi kami di nomor

Phone/WA/SMS : 0857 2107 0453 - Yosep

Konsep Dasar Pelatihan Customer Service

Beberapa materi yang biasanya disampaikan dalam pelatihan customer service diantaranya teknik berkomunikasi yang baik,cara mengambill hati konsumen, memberikan pelayanan yang bermutu, meningkatkan kepuasan pelanggan, mengatasi pelanggan yang marah, dan mempelajari penggunaan alat elektronik.

Setelah mengikuti pelatihan yang telah disediakan,diharapkan para peserta dapat memahami konsep-konsep dasar sebagai customer service. Konsep-konsep dasar itu antara lain:

Kemampuan

Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan untuk menangani pelanggan, kemampuan menggunakan peralatan elektronik yang menunjang pekerjaan,dan memahami alat komunikasi modern.

Selain itu, seorang customer service harus mampu mengerti keinginan para pelanggan, sehingga dituntut untuk benar-benar mengerti produk yang mereka tawarkan.

Sikap

Sikap merupakan tingkah laku secara alamiah yang bisa diubah dan diperbaiki. Sebagai seorang customer service sikap menjadi hal yang sangat penting untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.

Bekerja sebagai customer service harus mempunyai sikap yang ramah, murah senyum, baik, lembut, sopan, dan sapa untuk menyenangkan hati pelanggan.

Penampilan

Penampilan merupakan sebuah pemandangan pertama kali yang akan dinilai oleh pelanggan. Penampilan juga akan berpengaruh dalam memberikan pelayanan, dengan penampilan yang sopan, rapi, dan menarik akan meningkatkan kepercayaan diri.

Selain itu, penampilan yang baik akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, seorang customer service akan lebih mudah meng-handle dan meyakinkan pelanggan.

Tindakan

Tindakan ini merupakan hal yang akan dilakukan seorang customer service jika dihadapkan permasalahan yang harus diselesaikan saat itu juga. Customer service harus bisa memberikan pelayanan dan tindakan yang terbaik untuk pelanggan agar pelanggan tidak kecewa.

Tanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan kesadaran diri yang harus dimiliki oleh customer service, mereka harus bertanggung jawab menindak lanjuti segala keluhan yang berasal dari konsumen. Mereka juga harus memberikan solusi terbaik demi kepuasan konsumen.

Berdasarkan penjelasan yang ada di atas kita dapat mengetahui pentingnya mengikuti pelatihan customer service baik untuk mengembangkan diri kita sendiri maupun mengembangkan suatu perusahaan. Karena pelatihan ini dianggap pendidikan yang cepat untuk meningkatkan keterampilan dalam menghadapi keluhan dari pelanggan. Banyak sekali manfaat mengikuti pelatihan customer service.