Aneka Cara Meningkatkan Performa Karyawan Perusahaan

Aneka Cara Meningkatkan Performa Karyawan Perusahaan

Kinerja karyawan sangat mempengaruhi kesuksesan perusahaan. Karyawan dengan performa kerja yang baik tentunya akan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Untuk itu, berbagai cara meningkatkan performa karyawan harus dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Peningkatan dan penurunan kinerja karyawan pada dasarnya merupakan hal yang wajar mengingat karyawan merupakan manusia biasa. Namun, kinerja dan performa karyawan bisa ditingkatkan dengan berbagai cara. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kinerja karyawan? Meningkatkan performa karyawan perusahaan

Apa Itu Kinerja Karyawan?

Kinerja karyawan dapat dikatakan sebagai hasil kinerja yang bisa dicapai oleh sekelompok orang atau seseorang dalam sebuah organisasi. Baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil kinerja tersebut sesuai dengan tugas, tanggung jawab, serta kewenangan masing-masing karyawan.

Kinerja karyawan dilakukan sebagai upaya untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi tersebut secara legal, sesuai dengan etika dan moral, serta tidak melanggar hukum. Berdasarkan hal tersebut, maka peran seorang karyawan sangat penting bagi sukses tidaknya sebuah perusahaan. Mengingat pentingnya peran seorang karyawan, maka perusahaan perlu melakukan monitoring terhadap kinerja para karyawannya. Apakah semua karyawan telah menjalankan kewajiban dan tugasnya dengan baik atau tidak. Monitoring sangat penting untuk menilai kinerja karyawan. Penilaian kinerja karyawan perlu dilakukan untuk menentukan apakah nantinya perusahaan akan terus bekerjasama dengan karyawan tersebut karena kinerjanya baik atau sebaliknya. Memutus hubungan kerja jika performa karyawan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan.

Performa karyawan tidak selamanya sesuai dengan harapan perusahaan. Menurunnya performa karyawan tentu bisa mempengaruhi produktivitas perusahaan. Maka dari itu, pimpinan perusahaan harus melakukan berbagai upaya agar kinerja karyawan bisa selalu sesuai dengan harapan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemimpin perusahaan untuk menjaga dan meningkatkan kinerja karyawan. Dengan melakukan berbagai cara tersebut, maka kinerja karyawan bisa lebih baik. Alhasil, produktivitas perusahaan bisa meningkat dan bisa mencapai target yang diinginkan.

5 Cara Meningkatkan Performa Karyawan Perusahaan

1. Transparan dalam Penilaian Kinerja Karyawan
Menurunnya kinerja karyawan ternyata bukan hanya disebabkan oleh skill yang kurang mumpuni saja. Terjadinya kesalahan sistem juga bisa menjadi penyebab menurunnya performa seorang karyawan. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi karyawan. Tidak dipungkiri bahwa saat ini masih banyak perusahaan yang menerapkan sistem penilaian tertutup. Dalam hal ini, karyawan tidak bisa mengetahui penilaian kinerja mereka secara detail.

Beberapa karyawan yang kurang aktif berkontribusi bagi perusahaan, justru mendapatkan bonus. Sementara itu, karyawan yang telah mencapai target dan melaksanakan tugas dengan baik justru tidak mendapatkan apresiasi. Tidak heran jika kemudian beberapa karyawan mengira bahwa penilaian kerja karyawan dilakukan secara subjektif. Maka dari itu, Anda sebagai pemimpin perusahaan harus bisa menerapkan transparansi dalam hal penilaian performa karyawan. Berikan informasi secara rinci kepada karyawan terkait faktor apa saja yang menjadi indikator penilaian. Dengan begitu, maka karyawan bisa mengetahui lebih detail terkait penilaian kinerja yang mereka dapatkan.

2. Berikan jenjang karir yang jelas
Selain memberikan bonus serta kenaikan gaji, jenjang karir yang jelas juga bisa memotivasi karyawan untuk terus meningkatkan performanya. Adanya jenjang karir yang disertai dengan peningkatan intensif atau gaji tentunya akan membuat karyawan lebih giat dalam bekerja. Dengan adanya jenjang karir yang jelas, karyawan akan lebih semangat dalam menjalankan semua tugas dan kewajibannya agar bisa segera meraih karir yang lebih tinggi.

Sebaliknya, tidak adanya jenjang karir yang jelas akan membuat karyawan kehilangan motivasi dalam bekerja. Jika perusahaan tidak memberikan jenjang karir kepada karyawan, maka kemungkinan mereka tidak ada semangat untuk meningkatkan performa kerja. Bahkan, tidak jarang ada karyawan yang lebih memilih untuk mencari peluang karir di perusahaan lain. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja  bisa mempengaruhi kelangsungan perusahaan. Apalagi jika perusahaan harus kehilangan karyawan-karyawan terbaiknya. Maka dari itu, Anda harus memberikan jenjang karir yang jelas agar karyawan lebih termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya.

3. Berikan Reward untuk Karyawan Berprestasi
Cara meningkatkan performa karyawan juga bisa dilakukan dengan memberikan reward kepada karyawan yang berprestasi. Cara ini dinilai efektif untuk memacu semangat karyawan dalam bekerja. Melalui sistem ini, karyawan akan merasa lebih dihargai dan diapresiasi atas kerja kerasnya. Meskipun memberikan reward sangat mudah dilakukan oleh perusahaan, namun apresiasi sederhana semacam ini ternyata bisa sangat memotiviasi karyawan untuk meningkatkan performa kerja. Bentuk reward yang diberikan tidak selalu harus berharga mahal.

Perusahaan bisa memberikan hadiah berupa voucher belanja, liburan gratis ke luar kota, bonus berupa uang, atau hadiah lainnya. Bahkan, hadiah sederhana seperti kue pun bisa diberikan kepada karyawan yang telah mencapai target dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Adanya reward seperti ini akan membuat karyawan berlomba-lomba meningkatkan kinerjanya sesuai dengan tugasnya masing-masing. Alhasil, produktivitas perusahaan akan meningkat seiring dengan meningkatkan semangat kerja karyawan.

4. Penuhi Semua Hak Karyawan
Setiap karyawan memiliki hak dan kewajiban. Jika karyawan selalu melaksanakan kewajibannya dengan baik, maka perusahaan juga harus bisa memenuhi semua hak karyawannya. Hak yang dimaksud bisa meliputi gaji bulanan, kenaikan gaji setiap tahun, tunjangan kesehatan, THR, dll. Hak yang diberikan oleh perusahaan harus sesuai dengan kesepakatan awal saat penandatanganan kontrak kerja.

Jangan sampai hak karyawan terbengkalai hanya karena Anda lalai memberikannya. Hak yang tidak terpenuhi pastinya akan membuat karyawan tidak semangat dalam bekerja. Sebaliknya, saat karyawan mendapatkan hak penuh dari perusahaan, maka mereka merasa kinerjanya dihargai. Alhasil, mereka akan termotivasi untuk memberikan kinerja terbaiknya karena perusahaan sudah memberikan haknya dengan baik.

5. Berikan Pelatihan atau Training Karyawan
Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, maka skill karyawan harus senantiasa ditingkatkan. Oleh karena itu, perusahaan harus memberikan pelatihan atau training karyawan secara berkala. Tujuannya agar karyawan bisa bekerja mengikuti perkembangan teknologi. Jangan sampai kinerja karyawan menjadi kurang maksimal hanya karena menggunakan metode yang lama. Sementara itu, ada metode terbaru yang seharusnya bisa mempercepat kinerja karyawan. Maka dari itu, adanya training karyawan sangat penting untuk dilakukan.

Anda membutuhkan Trainer yang berpengalaman? Silahkan hubungi kami di nomor

Phone/WA/SMS : 0857 2107 0453Yosep

Jika ingin mengadakan training karyawan, pastikan untuk mempersiapkan kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin. Tujuannya adalah agar kegiatan tersebut tidak sia-sia dan bisa bermafaat bagi kinerja karyawan ke depannya. Nah, salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum mengadakan pelatihan karyawan adalah memilih motivator atau pembicara yang andal. David Setiadi bisa Anda pilih untuk bekerja sama sebagai pembicara dalam kegiatan training karyawan tersebut.

Melalui pengalaman yang dimiliki, David Setiadi telah menjadi motivator dan inspirator yang profesional. Sehingga, kami sangat cocok untuk menjadi partner dalam kegiatan pelatihan karyawan yang akan diadakan di perusahaan Anda. Cara meningkatkan performa karyawan bisa dilakukan melalui pelatihan dengan berbagai metode. Hal ini disesuaikan dengan tujuan yang ingin Anda capai di acara pelatihan tersebut. Segera konsultasikan kebutuhan Anda dengan cara mengunjungi davidsetiadi.com sekarang juga!