Cara Melatih Skill Komunikasi Bagi Pemimpin

Banyak hal yang harus dipelajari oleh seorang pemimpin, salah satunya adalah komunikasi atau bagaimana cara komunikasi yang baik dengan karyawannya atau bahkan dengan klien. Sebagai pemimpin, Anda harus tahu bagaimana cara melatih skill komunikasi bagi pemimpin.

Dalam bidang kepemimpinan, seorang pemimpin harus mempunyai figur yang mampu menginspirasi, menggerakkan dan memotivasi setiap anggota/karyawannya. Oleh sebab itu, seorang pemimpin juga harus menguasai ilmu dan teknik public speaking dengan baik.

Cara Melatih Skill Komunikasi Bagi Pemimpin

Cara Melatih Skill Komunikasi Bagi Pemimpin untuk Kinerja yang Lebih Baik

Tanpa adanya komunikasi yang tepat, seorang pemimpin tak akan bisa menjadi seorang pemimpin yang baik dan dihormati. Bukan hanya menjadi pemimpin yang baik saja, tapi cara bicara/diskusi yang baik dengan bawahan pun terbilang kurang.

Untuk itu, belajarlah cara melatih kemampuan berkomunikasi yang baik untuk pemimpin dengan cara-cara berikut ini:

#1. Perbanyak Komunikasi

Untuk bisa berkomunikasi dengan cara yang baik dan benar, tentu Anda harus melakukan komunikasi itu sendiri secara terus menerus. Seringnya berkomunikasi bagi pemimpin, maka Anda akan terbiasa dengan cara komunikasi tersebut.

Baik komunikasi secara langsung atau melalui media lainnya secara tulisan misalnya. Apabila Anda telah terbiasa dengan komunikasi, maka Anda bisa mengembangkan metode komunikasi lainnya yang sesuai untuk seorang pemimpin dan karyawannya.

#2. Menyampaikan Sesuatu dengan Singkat dan Jelas

Sebuah penjelasan yang singkat serta padat tentu akan menjadi lebih dipahami, daripada sebuah penjelasan yang membosankan dan bertele-tele.

Maka langsung saja bicara ke inti atau pokok masalahnya, tanpa harus menjelaskan secara panjang tapi karyawan paham dengan apa yang Anda bicarakan atau jelaskan. Jelaskan dengan kalimat singkat, padat, tapi tetap mudah dipahami.

Supaya lebih mudah diterima dan dipahami oleh bawahan Anda di kantor, Anda juga bisa menggunakan media tulisan untuk menjelaskan maksud Anda misalnya melalui email.

#3. Biasakan untuk Mendengar dan juga Memberi Kesempatan

Bukan hanya berbicara secara terus menerus, tetapi seorang pemimpin yang baik juga harus bisa mendengar dan memberi kesempatan pada karyawan/bawahannya. Beri mereka waktu untuk menyampaikan pendapatnya.

Jika Anda terlalu fokus dengan apa yang Anda bicarakan saja, maka Anda hanya menganggap bahwa hanya pemimpin saja yang boleh berbicara. Komunikasi akan berjalan dari 2 arah apabila karyawan juga ikut berpendapat dan berbicara.

#4.Menggunakan Bahasa Tubuh yang Benar

Hal penting dalam komunikasi yang juga penting adalah bahasa non-verbal. Komunikasi bukan hanya tentang apa yang Anda bicarakan/ucapkan kepada orang lain, tapi juga tentang sebuah pesan yang dikirimkan tanpa harus mengucapkan kalimat apapun.

Bahasa tubuh dasar yang baik diantaranya yaitu tersenyum, berjabat tangan hingga melakukan kontak mata. Maka mulailah dengan tersenyum kepada karyawan Anda di kantor, kemudian lakukan kontak mata saat bebicara, dan berjabat tangan dengan tegas setelah selesai.

#.5 Menginspirasi Orang Lain dengan Ide Cemerlang

Anda juga bisa mulai membagian ide-ide serta pemikiran yang Anda punya kepada bawahan Anda atau kepada klien. Setiap orang tentu memiliki ide tetapi hanya ide yang menyegarkan dan menginspirasi saja yang layak dibagikan.

Selain itu, Anda bisa meminta saran kepada lawan bicara mengenai ide bersama untuk membangun kepercayaan menjadi lebih baik lagi antara pemimpin dengan karyawan/klien.

#6. Percaya Diri Ketika Sedang Berbicara di Hadapan Banyak Orang

Salah satu ketakutan terbesar yang harus dihadapi banyak orang adalah pada saat mereka harus berbicara di hadapan banyak orang. Namun Anda tetap harus melakukan hal itu, supaya Anda bisa menginspirasi dan memengaruhi audiens.

Salah satu bentuk komunikasi yang paling kuat adalah berbicara di hadapan banyak orang. Sebagai seorang pemimpin berbicara di depan klien dan bawahan juga menjadi hal yang biasa. Misalnya ketika melakukan presentasi atau meeting.

#7. Memproyeksikan Kepemimpinan

Seorang pemimpin yang baik tentu harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi yang hebat. Anda harus memproyeksikan kepemimpinan dengan kemampuan komunikasi tersebut.

Mulailah berkomunikasi dengan suara yang jelas, percaya diri dan bertindak sesuai dengan apa yang Anda bicarakan. Dengarkan juga umpan balik dari para pendengar dan sebaliknya.

Sebuah teknik komunikasi yang baik akan memungkinkan seorang pemimpin, dalam menyampaikan pesan dengan lebih jelas, serta memberi pengaruh dan inspirasi pada seluruh anggota tim.

#8. Tidak Menggunakan Kalimat Kasar atau Senonoh

Hindari kata-kata kasar ketika Anda sedang berada di acara meeting, presentasi atau sedang berdiskusi saja dengan karyawan. Maka gunakanlah teknik bicara yang sopan dan mudah dipahami, supaya karyawan Anda bisa menyimak apa yang Anda sampaikan.

#9. Yakinlah dengan Apa yang Anda Ucapkan

Hindari kata-kata seperti, ‘Anda tahu?’ atau mengakhiri kalimat dengan kata ‘benar?’, atau kalimat-kalimah lainnya yang menunjukkan keraguan ketika Anda sedang berbicara. Maka jadilah orang yang berwibawa serta percaya diri, dengan segala hal yang Anda ucapkan.

Jika Anda terlalu banyak mengucapkan kalimat atau kata yang mengandung keraguan, maka lawan bicara Anda akan menganggap Anda tidak percaya diri dalam menyampaikan sesuatu.

#10. Menjadi Pembicara yang Optimis

Banyak orang yang sudah terbiasa menyampaikan berita atau informasi yang baik, tetapi melanjutkannya dengan kata Tetapi/Bagaimanapun untuk kemudian menyampaikan berita/informasi lain yang buruk.

Cara itu bisa membuat Anda menjadi orang yang negatif, atau orang yang menciptakan suasana pesimis di kantor. Maka ubahlah teknik bicara Anda dengan fokus pada peningkatan penyampaiannya saja untuk membangun kesuksesan bersama di kantor.

Anda membutuhkan Trainer yang berpengalaman? Silahkan hubungi kami di nomor

Phone/WA/SMS : 0857 2107 0453 - Yosep

Belajar Public Speaking dan Skill Komunikasi Bersama Kami

Jika Anda sudah mengetahui apa saja teknik dasar dalam berkomunikasi yang baik bagi pemimpin, kini Anda harus mencoba mengikuti pelatihan/training dengan belajar public speaking dan melatik kemampuan berkomunikasi tersebut bersama tim kami.

Kami merupakan trainer terpercaya yang telah melatih public speaking dan cara berkomunikasi yang baik kepada sejumlah perusahaan besar di Indonesia. Siapapun yang ingin melatih public speaking dan berkaitan langsung dengan pekerjaan Anda, bisa hubungi kami sekarang juga.

Bukan hanya karyawan saja yang memerlukan teknik public speaking yang baik, tapi juga para pemimpin di perusahaan. Salah satu soft skills seperti komunikasi di dalam perusahaan bagi pemimpin/karyawan, akan meningkatkan karir, profit, penjualan hingga bisnis dari perusahaan itu sendiri.

Untuk itulah kami hadir dan menjadi partner Anda dalam meningkatkan kemampuan komunikasi tersebut, yang secara tak langsung akan meningkatkan Sumber Daya Manusia di perusahaan. Kami akan memberikan jaminan kepuasan lebih dari 90% setelah Anda menggunakan jasa kami dalam pelatihan ini.

Jika Anda sudah siap bergabung dengan pelatihan dari David Setiadi maka daftarlah sekarang juga. Dapatkan promo lainnya yang sangat menarik, yang juga bisa Anda nikmati saat menjadi partner kami dalam berlatih public speaking.

Jadilah pemimpin yang baik dan mampu berkomunikasi dengan karyawan/klien dengan tata cara yang benar. Sejumlah materi akan kami berikan untuk Anda, dengan cara penyampaian yang nyaman dan tidak membuat bosan.

Kami juga bisa mengajari Anda cara melatih skill komunikasi bagi pemimpin yang baik dan benar.