3 Teknik Mengendalikan Rasa Takut Saat Berbicara Di Depan Umum Saat Presentasi

"Coach, kenapa saat saya bicara didepan orang banyak rasanya seperti gugup, blank dan jadi lupa. itu kenapa ya coach ?", Pertanyaan dari salah seorang peserta seminar public speaking.

Saya menjawab pertanyaan dari peserta saya dan mungkin banyak dialami banyak orang saat presentasi. Tidak hanya salah satu seorang peserta yang bertanya kepada saya. Tetapi banyak peserta lain yang bertanya kepada saya. maka saya akan jelaskan sebagai berikut

"Kalau anda merasa mulut tiba-tiba menjadi kering, muncul ketegangan, getaran dalam suara, perasaan canggung berikut adalah ciri-ciri anda sedang mengalami ketakutan bicara didepan umum dan itu sangatlah hal yang wajar. Pembicara profesional sekalipun masih merasakan takut saat 3menit pertama saat presentasi"

Menurut survey yang dilakukan oleh The People’s Almanac Book of List terhadap 3000 warga Amerika mengenai ketakutan terbesar mereka, ternyata 630 orang alias 21% nya menyatakan bahwa public speaking adalah hal yang paling menakutkan.

Ketakutan pasti dialami kebanyakan orang dan ketakutan itu pasti terjadi di kalangan orang biasa ataupun orang yang sudah professional. Hal tersebut wajar dialami tetapi tidak bisa dihilangkan tetapi bisa di hindari. Saya akan bagikan teknik-teknik untuk menghindari dan bagaimana anda menguasai rasa takut itu sendiri menjadi percaya diri.

Berikut 3 Teknik mengendalikan rasa takut saat berbicara di depan umum saat presentasi

1. Mindset

Mindset yang salah saat anda akan melakukan presentasi adalah takut salah. Yang dipikirkan adalah semua yang berkaitan dengan dugaan semata yang padahal belum menjadi fakta yang nyata. Maka, anda bisa lakukan dengan cara selalu bayangkan hal yang positif dan selalu menunjukan gestur tubuh yang elegan. Pikirkan hal yang  membuat pikiran menjadi happy dan pikirkan hal yang mengasikan.

 

2. Pernafasan

Saat anda mulai merasa gugup, jantung akan berdetak lebih cepat. Keringat dingin pun perlahan mulai mengucur. Kondisi ini jelas tidak baik bagi kualitas presentasi Anda.

Untuk mengatasinya, cobalah tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Lalu keluarkan kembali melalui hidung secara perlahan. Lakukan hal ini saat masih di belakang panggung dan lakukan sekitar 5-6 kali hingga anda merasa lebih tenang.

Dengan anda melakukan teknik pernafasan maka anda jauh lebih tenang dan jantung akan jauh lebih stabil maka otak anda berjalan dengan lancar. Karena saat anda merasa gugup otak akan menjadi sempit dan sulit berfikir maka mengapa anda merasa blank dan lupa materi.

 

3. Lakukan 4S 

Sesudah anda dipanggil mc dan anda sudah didepan panggung jangan langsung bicara tetapi lakukan 4s ini yaitu smile, silent, see, speak. Tersenyum sambil terdiam belum berbicara apapun lalu dilanjutkan dengan melihat audience secara titik kiri tengah kanan lalu. Lakukan ini selama 5detik lalu anda bisa bicara opening yang anda ingin sampaikan

 

"Kebanyakan orang hanya fokus memirkan hal yang negatif terjadi dibandingkan hal yang diinginkan terjadi, sebelum anda presentasi lakukanlah persiapan mental dengan cara membayangkan hal positif, itu akan membantu anda lebih percaya diri saat presentasi"